Steakinfo

MENU TERBARU

Mushroom
Kentang Lokal
Spaghetti
French Fries
See more
14 June 2017, 23:13

Anjuran untuk Tidak Berhambur-Hamburan dalam Belanja Sambut Idul Fitri

Hai setaklovers, Ramadlan sudah berlalu lebih dari setengah bulan. Sebagian dari kalian mungkin sedang berpikir untuk menyambut lebaran Idul Fitri nanti ingin belanja apa saja. Hari-hari yang harusnya semakin disibukkan dengan ibadah justru menjadi disibukkan dengan kegiatan belanja. Dan, tak dapat dipungkiri bahwa di setiap tahunnya, angka konsumsi masyarakat menjelang lebaran sepertinya selalu meningkat dibandingkan hari-hari biasanya.

Menjelang hari raya Idul Fitri sepertinya ada sebuah keharusan untuk belanja berbagai kebutuhan mulai baju, makanan, berbenah rumah, ataupun keperluan lainnya yang malah menimbulkan sikap boros. Dalam hal ini, bukannya kita dilarang untuk belanja selama kita belanja masih dalam level kewajaran dan tidak berlebihan. Dalam Kitab al Umm, Imam Syafi’i menyebutkan bahwa Rasulullah lebih menyukai seseorang memakai pakaian terbaik yang dimilikinya di hari-hari raya yaitu hari Jumat dan dua hari raya serta tempat diadakan majelis. Hendaknya ia memakai pakaian yang bersih dan memakai wewangian.

Berbelanja untuk kebutuhan di saat lebaran bukanlah hal yang dilarang selama belanja tersebut juga tidak berlebihan dan diperuntukkan untuk hal-hal yang ada di jalan Allah seperti untuk berbagai dengan sesama, memantaskan diri ketika bertemu dengan sanak saudara, ataupun lainnya. Allah benar-benar melarang sikap boros termasuk dalam belanja saat menyambut lebaran. Allah berfirman: “Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara syetan dan syetan itu sangat ingkar kepada Tuhannya.” (QS Al Israa:27)

Boleh saja belanja untuk menyambut lebaran selama kita juga tidak berlebihan. Di sisi lain, hendaknya kita juga tidak boleh kikir termasuk untuk keluarga kita sendiri. Hendaknya dalam berbelanja, kita bisa menimbang secara bijak mana yang menjadi kebutuhan dan keinginan sehingga kita bisa lebih mengontrol diri untuk tidak berlebih-lebihan atau berhambur-hamburan dalam berbelanja.