Steakinfo

MENU TERBARU

Mushroom
Kentang Lokal
Spaghetti
French Fries
See more
29 June 2017, 12:38

Adab Bersilaturahmi saat Idul Fitri

Merayakan hari raya Idul Fitri atau yang lebih dikenal dengan berlebaran sepertinya selalu identik dengan momen bersilaturahmi ke keluarga dekat, tetangga, sanak saudara, teman, ataupun lainnya. Bahkan, momen bersilaturahmi tersebut bisa juga dimanfaatkan untuk bisa lebih saling mengenal dengan warga masyarakat lainnya karena mungkin sebelumnya hanya mengetahui nama si A, si B, ataupun lainnya namun tidak begitu kenal dengan baik karena kesibukan aktivitas yang dimiliki. Tentu saja, dalam bersilaturahmi pun ada adab serta etikanya supaya momen ini menjadi lebih menyenangkan.

Tujuan dari silaturahmi adalah untuk semakin mempererat tali persaudaraan antar saudara. Silaturahmi di saat Idul Fitri juga menjadi momen untuk saling memaafkan satu sama lainnya serta melupakan berbagai permasalahan sebelumnya. Untuk menjadikan momen bersilaturahmi pada saat lebaran menjadi lebih menyenangkan, berikut ini ada beberapa adab ataupun etika yang hendaknya dipahami ketika berkunjung ke rumah orang lain:

Ketika hendak bersilaturahmi dengan mengunjungi ke rumah sanak saudara, teman, atau siapapun hendaknya menghargai pemilik rumah, salah satunya dengan mengenakan pakaian yang pantas serta mengetahui bagaimana cara membawa diri dengan baik. Tujuan dari bersilaturahmi adalah untuk mempererat tali persaudaraan sehingga ketika memasuki rumah orang lain hendaknya memulainya dengan memberikan senyuman. Sebagai tamu yang berkunjung sebaiknya tidak mendominasi pembicaraan. Dalam bercakap pun hendaknya tidak membahas tentang hal-hal yang bisa menyinggung perasaan satu sama lain karena tujuan silaturahmi adalah untuk memaafkan serta mempererat persaudaraan.